Info Loker Update Setiap Hari

Dapetkerja.id Logo

Rumus Excel yang Kerap Dipakai Dalam Lingkup Kerja, Wajib Catat!

Yuk Cari Tahu Rumus Excel yang Kerap Dipakai Dalam Lingkup Kerja

Dapetkerja.id

· 3 min read

Bagi murid ataupun pekerja di kantor, tentu tidak asing lagi dengan aplikasi ini, yakni Microsoft Excel.Excel adalah aplikasi yang berguna untuk mengolah angka secara otomatis, baik dalam perhitungan dasar (menambah, mengurangi, membagi, mengalikan) ataupun penggunaan fungsi yang lebih kompleks.



Software pengolah angka terbaik hasil ciptaan Microsoft ini telah terbukti mempermudah pengguna dalam menyelesaikan berbagai tugas. Seperti menciptakan, mengubah, mengurutkan, menganalisis, merangkum data, mengerjakan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu mengelola soal-soal logika serta matematika, sampai menciptakan beragam grafik dan diagram.


Dalam menguasai Microsoft Excel, Anda harus paham dengan rumus-rumus Excel yang sering diterapkan dalam mempermudah penghitungan dan pengolahan data. Untuk membantu Anda belajar, ada sejumlah rumus Excel yang sering diterapkan di lingkup kerja, yang dihimpun oleh Dafunda. Mari pelajari dan catat 14 rumus ini satu per satu!


1. IF

Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.

 

Rumus IF

IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])

 

Contoh IF

=IF(2<3,"Benar","Salah") > "Benar" =IF(2>3,"Benar","Salah") > "Salah"

 

2. SUM

Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka.

 

Rumus SUM

Sum(number1,[number2],..]

 

Contoh SUM

=sum(2,3,5,6,11) > 28 =sum(a1,a2)

 

3. Count

Fungsi rumus Excel Count adalah menghitung jumlah cell yang berisi angka.

 

Rumus Count

count(value1,[value2],..]

 

Contoh Count

=count(a1:a10)

 

4. CountA

Fungsi rumus Excel CountA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.

 

Rumus CountA

counta(value1,[value2],..]

 

Contoh CountA

=counta(a1:a10)

 

5. CountIF

Fungsi rumus Excel CountIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.

 

Rumus CountIF

countif(range,criteria)

 

Contoh CountIF

=countif(a1:a10,"A")

 

6. SumIF

Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.

 

Rumus SumIF

sumif(range,criteria,[sum_range])

 

Contoh SumIF

=sumif(a1:a6,"Tempe",B1:B6)

 

7. Match

Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu.

 

Rumus Match

match(lookup_value,lookup_array,[match_type])

 

Contoh Match

=match("Jojon",A1:A20,0)

 

8. VLookUp

Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut. Misalnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.

 

Rumus VLookUp

vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

 

Contoh VLookUp

=vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)

 

9. SumIfs

Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut. Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.


Rumus SumIfs

sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)

 

Contoh SumIfs

=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Februari")

 

10. Round

Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.

 

Rumus Round

round(number,num_digit)

 

Contoh Round

=round(12:3456789,2)

 

11. Trim

Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak.

 

Rumus Trim

trim(text)

 

Contoh Trim

=trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")

 

12. Proper

Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).

 

Rumus Proper

Proper(text)

 

Contoh Proper

=proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") => Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari

 

13. Upper

Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)

 

Rumus Upper

Upper(text)

 

Contoh Upper

=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") => INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

 

14. Lower

Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).

 

Rumus Lower

lower(text)

 

Contoh Lower

=lower("Jangan Lupa Makan") => jangan lupa makan


Demikianlah sejumlah rumus excel yang umum digunakan dalam dunia kerja ataupun oleh pelajar/mahasiswa.


Keterampilan mengoperasikan Microsoft Excel sangatlah diperlukan hampir di semua bidang pekerjaan, oleh karena itu penting bagi Anda untuk mempelajarinya.

INFORMASI

Cari PekerjaanKalkulator GajiSyarat & KetentuanKebijakan Privacy
Komunitas ⚡Baru

HUBUNGI KAMI

MEDIA SOSIAL


Copyright © 2025 DAPETKERJA.ID - All rights reserved.